Halaman

Selasa, 14 Februari 2012

MARCH

   Hari ini hari pertama kepindahan ku disalah satu universitas swasta didepok. Teman pertama yang ku kenal adalah uti. Kami secara kebetulan bertemu dan berkenalan. Bahkan kami mencari tempat kost yang bersebelahan. Kami memulai hidup baru dengan segudang aktifitas baru juga. Kami ini tidak satu kelas melainkan satu jurusan. Sebisa mungkin kami jalani aktifitas kami secara bersamaan. Namun pertemanan yang ku jalin tidak hanya uti,ada juga eny dan ina. Mereka adalah sahabatku dikelas.


  Tahun 2012 pun telah datang. Tidak terasa sebentar lagi ulang tahun ku. Rencana merayakan bareng uti,eny dan ina pun sudah terbayang dikepalaku. Karena saat ulang tahun ku kelurga tidak berada disampingku bahkan pacarpun pasti sibuk. Jadi rencana ini pun hadir dikepalaku.

  Memasuki bulan februari ,ada acara dari himpunan untuk bersilahturahmi bersama. Namun tak terasa hari itu pun telah tiba. Ternyata besok adalah hari dimana aku harus mengikuti serentetan acara di himpunan. Persiapan demi persiapan telah ku lakukan.hari telah larut,pekerjaan membereskan perlengkapan pun telah usai. Waktunya istirahat. (hmhmhm....zzzz.....zz...z)

“aduh.........telattt....!!!”kata march. Dengan cepat march langsung bersiap diri karena waktu telah mepet. Kemudian ia langsung kekampus karena bis nya menunggu dikampus. Setibanya dikampus, “march.....”,kata ina

“iya...tunggu...”,kata march sambil menalikan tali sepatunya yang terlepas.

“march kenapa kmu telat?tidak lihat jam apa?kita nungguin kmu nih...”,kata senior

“maaf kak karena saya lupa pasang alarm”,kata march.

“yasudah masuk sana. Yang lain telah menunggu mu”,kata senior.

“baik kak”,kata march (dengan muka memelasdan merasa bersalah)

  Perjalanan pun dimulai. Nyanyian pun dilantunkan mengiringi perjalanan kami. Canda tawa pun menambah ramai suasana perjalanan ini. Dikala semua bergembira,march lebih memilih tertidur karena ia mabuk perjalanan. Perjalanan kami disambut dengan derasnya hujan dan jalan berliku serta jalan yang basah pun menjadi tantangan tersendiri.

  Tiba-tiba datang dari arah berlawanan dengan kecepatan tinggi kontainer itu menabrak kami. Kami pun terbuang kesebelah kiri dan bus kami pun menuju jurang. Teman-teman kami yang ada di bus yang selamat pun mencoba membantu kami. Naas sopir kontainer itu tewas tertabrak bahu jalan dan terhempas keluar dari badan mobil kontainer itu. Tak lama kemudian datang polisi dan ambulan yang mencoba membantu kami. Banyak kawan ku yang luka-luka. Tapi tiidak ada yang meninggal dunia. Syukur alhamdulillah uti,eny dan ina selamat dan tidak luka-luka dan bisa mengikuti acara nya. Mereka yang terluka segera ditangani dan diperbolehkan tidak mengikuti acara tersebut.

  Acara pun berhasil terselesaikan. Kami yang kondisinya tidak luka parah selesai acara ini menjengguk kawand kami yang terbaring lemah dirumah sakit. Sesampainya dirumah sakit kami memasuki kamar demi kamar untuk mengunjungi keadan kawan-kawan yang terluka. Kamar terakhir yang dikunjungi oleh kami adalah ruang icu. Didalam sana ada march yang sedang berbaring dengan banyak alat ditubuhnya. Sudah 3 hari 2 malam march dirawat diruangan ini dan tidak ada perubahan. Yang menemani march disana ada orang tuanya dan diluar ada pacar march yang selama ii sudah ½ tahun tidak bertemu. Sekalinya mereka bertemu,pertemuan mereka disaat yang memilukan hati. Yusuf itulah nama pacar march. Ia tak kuasa melihat march yang tersiksa didalam dengan beraneka ragam alat dibadan dan tangannya. Ia lebih memilih menunggu diluar karena kedua orang tua march sebenarnya belum bisa menerima yusuf sebagai pacar march.

  Saat ni aku melihat orang tua ku menanggis,pacarku menanggis dan sahabat serta kawan-kawan ku ikut menanggis melihat keadaan ku. Tapi kondisi ku tak bisa untuk menghapus air mata mereka semua. Memluk dan memegang tangan mereka pun aku tak bisa. Yang ku lakukan selama tiga hari hanyalah berusaha masuk kedalam tubuhku ini. Tapi tak ada yang berhasil. Sampai disuatu malam datang seorang peri cantik jelita yang berkata padaku bahwa “jika ingin kembali kesana kmu harus berusaha mencari air mata ketulusan dan keabadian” sementara saat itu march tidak tau bagaimana caranya. Namun march diberi waktu 28 hari untuk mencari air mata ketulusan dan keabadian itu.

  Selama pencarian ia tak pernah melihat ada orang yang mengalirkan air mata ketulusan dan keabadian. Namun diperjalanan ke 14 ,cawan gelang march terisi satu air mata ketulusan dan keabadian. Air mata itu berasal dari yusuf. Karena air mata keluarga nya tidak bisa dihitung. Selama ini yusuf selalu menanggisi semua yang telah terjadi. Semua yang ia lihat saat bersama march pun air mata yusuf terjatuh. Namun hanya satu air mata tidak bisa membantu march untuk tetap hidup. March pun berusaha dengan maksimal mengunjungi sahabat-sahabatnya dan kawand-kawandnya lewat mimpi mereka. Karena march diperbolehkan masuk kedalam mimpi mereka untuk membantu march agar march bisa mendapatakan air mata ketulusan dan keabadian.

  Perjalanan ke 24 rasa lelah pun mulai terasa dialami oleh march. Namun saat rasa lelah sudah mulai menggerogoti nya secara mengejutkan cawan digelang tangan march terisi 3 air mata ketulusan dan keabadian. Saat ini march punya 4 air mata. Namun ia tak tahu air mata siapa yang ke 2,ke3 dan ke 4 ini. Tapi semua ini membuat march menjadi semanggat. March pun melanjutkan perjalanannya menvari air mata keabadian dan ketulusan untuk memperjuangkan hidupnya.

  Perjalanan ke 27 pun telah menghampiri march. Tanda-tanda akan kesempatan untuk march pun tidak muncul. Ia berusaha untuk pasrah akan semua takdir yang menimpanya. Ia sudah belajar menerima keputusan dunia yang pahit untuk nya. Namun sebelum ia menuju kelift penghancur, ia berpamitan terlebih dahulu kepada orang tua,pacar dan sahabat-sahabatnya.

  Setelah mengunjungi mereka semua, march dan peri cantik menuju ke lift penghancur. Dilangkah yang mau menuju kedalam lift tersebut tiba-tiba cawan gelang tanggannya terisi oleh air mata yang terakhir. Ia pun langsung diantar oleh peri cantik menuju ketubuhnya diruang icu. Setelah berpamit kepada peri cantik ia pun masuk kedalam tubuh itu dan ketika ia sadar ia melihat ada lia yang sedang menanggis dan membawakan kue ulang tahun. Karena besok march berulang tahun ke 18 tahun. Saat march sadar lia pun segera memanggil dokter dan suster namun lia setelah itu pergi entah kemana. Lia adalah teman march semasa march satu kamar kost dengan nya. Hubungan pertemanan mereka tidak seharmonis dulu karena kecanggungan yang menghantui semua itu.

  Sadarnya march pun menjadi kebahagiaan tersendiri untuk keluarga , pacar dan sahabat. Hubungan antara keluarga dan pacar pun semakin hari semakin lebih bisa menerima dan percaya pada yusuf bahwa yusuf adalah laki-laki yang tepat untuk march.

  Sahabat-sahabatnya mendengar kesadaran march pun kemudian langsung membuat rencana spesial untuk march. Saat dihari ulang tahunnya pun mereka semua berbahagia atas kembalinya march kesisi mereka. Namun mereka tidak sadar bahwa march kembali hanya sebentar bukan untuk selamanya. Dihari itu syukuran pun diadakan dikamar rawat inap march. March pun masih berusaha berlaku seperti tidak tau apa-apa. March pun saat diadain syukuran itu mengucapkan terimakasih dan kata maaf yang sebesar-besarnya serta mengucapkan rasa sayang mkepada keluarga,pacar sahabat,kawan dan smua yang kenal dan yang dikenal. Smua yang mendengar ucapan march sungguh tidak menggerti sama sekali. Kebersamaan mereka semua itu hingga larut malam. Namun mereka tidak menginap dikamar march. Yang menjaga march hanya keluarga dan pacar saja.

  Keesokan harinya saat march sudah mulai main dan banyak jalan. Orang tua pun mulai mengkhawatirkanya. Dan march pun memilih kembali ketempat tidur. Namun kepala march kembali sakit dan akhirnya march pingsan dan ia mengalami kritis. Saat sedang kritis march mulai sadar dan perlahan-lahn mengucapkan kata demi kata.

“ayah bunda tolong jaga diri kalian. March sayang ayah dan bunda selalu”,kata march

“March bicara apa ? march harus sembuh nak...”,kata bundanya march.

(March hanya tersenyum sambil mengela nafas)

“sahabat,kawan ku semua, maafkan march yang selama ini ada banyak salah baik disengaja maupun yang tidak disengaja. March hanya manusia biasa yang banyak dosa dan khilaf”,kata march

“march ayo semanggat. Lawan sakit lo. Jangan bicara seperti itu”,kata eny

(march hanya tersenyum sambil menghela nafas)

“Yusuf,ku mohon tolong kamu jaga diri kamu dan cari cewek lain untuk pendamping hidup mu. Karena aku tidak bisa bersamamu. Aku sayang dan cinta dengan mu. Maafin aku...”,kata march

“Kmu tidak boleh bicara seperti itu. Karena aku cuman mau sama kmu. Kmu harus sembuh secepatnya. Ayo bertahanlah march”,kata yusuf

  Dan kemudian march pun menghela nafas terakhir dan mengucapkan lafadz allah. Semua air mata pun deras mengalir dari kerabat sahabat pacar dan keluarga. March pun tutup usia diumur ke 18 tahun lebih 1 hari.

  Setelah march meninggal tak berapa lama yusuf mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Mereka dikuburkan bersampingan. Karena sahabat mereka mengatakan bahwa cinta mereka patut diberi kelayakan seperti ini. Mereka adalah pacar yang saling mengisi satu sama lain hingga ajal menjemput pun rasa mereka tak berkurang sedikitpun. Dan kedua orang tua yusuf dan march pun mengizinkan mereka bersatu.



TAMAT


Tgl pembuatan cerita : kamis dan jumat,09-10 februari 2012

Tgl pengetikkan cerita :minggu, 12 februari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar